Hukum Industri - Hak Merk (Tugas II)


  • Contoh kasus

Selasa, 10/05/2016 00:06 WIB
Facebook Menangkan Kasus Merek Dagang di China
Rubrik Asia Pasifik
WE Online, Jakarta - Pengadilan Beijing telah memutuskan memenangkan Facebook dalam kasus gugatan merek melawan sebuah perusahaan yang memakai merek dagang "face book".
Mengutip BBC di Jakarta, Selasa (10/5/2016) Hakim pengadilan mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah "melanggar prinsip-prinsip moral" dengan "niatan jelas untuk menduplikat dan menjiplak dari merek besar". Perusahaan China yang bermarkas di Kota Zhongshan tersebut telah mendaftarkan merek dagang "face book" pada tahun 2014.
Baru-baru ini pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg telah melakukan pertemuan dengan kepala propaganda China, Liu Yunshan untuk membahas penggunaan internet di negeri Tirai Bambu itu.
Liu Yunshan mengatakan kepada Zuckerberg bahwa ia berharap Facebook bisa berbagi pengalaman dengan perusahaan China untuk membantu pembangunan internet yang lebih baik dan bermanfaat. Perusahaan Barat seringkali harus berjuang untuk menegakkan merek dagangnya di China karena mereka harus membuktikan bahwa nama merek tersebut juga terkenal di dalam negeri.
Putusan pengadilan atas merek perusahaan terkenal merupakan yang kedua dalam dua pekan terakhir. Pekan lalu, raksasa komputer Apple kalah dalam gugatan merek dagang 'iPhone' di Cina sehingga sebuah perusahaan Cina boleh menggunakan merek tersebut.
Pengadilan tinggi di Beijing memutuskan Xintong Tiandi Technology -yang membuat tas tangan dan produk kulit lainnya- diizinkan untuk terus menggunakan merek IPHONE.
Perusahaan tersebut berhasil mencatatkan merek IPHONE di Cina pada tahun 2010 untuk produk-produk kulitnya. Sementara Apple mengajukan nama iPhone untuk barang elektronik pada tahun 2002 tapi baru disahkan oleh Cina pada tahun 2013.
Penulis: Gregor Samsa
Editor: Cahyo Prayogo
Foto: phys.org


  • Tanggapan: 

Merek facebook adalah merek yang sudah memiliki reputasi dan pendaftaran merek untuk  perusahaan yang memakai merek dagang face book tidak lain tidak bukan berusaha untuk mendompleng merek facebook yang sudah terkenal tersebut. Pendaftaran ini pun didasarkan pada itikad tidak baik karena facebook sudah didaftarkan terlebih dahulu dan sudah terkenal di seluruh dunia. Akibatnya, dapat mengecoh konsumen jika saja perusahaan tersebut mendapatkan merek face book yang merupakan merek besar.


  • Sumber:

m.wartaekonomi.co.id/berita99786/facebook-menangkan-kasus-merek-dagang-di-china.html

Komentar

Postingan Populer